Kamis, 14 Juli 2011

Tutorial atau panduan cheat engine part 3............

Setelah vakum 1 tahun lebih mari kita lanjutkan tutorial yg ke-3...
Untuk tutorial kali ini membahas mengenai  "Floating Point".
Secara kasar dpt diartikan sebagai bilangan mengambang. Kalo dalam matematika mungkin istilah yang tepat adalah "bilangan rasional".
klo gua mengartikan bilangan yang ada koma2nya. wakakaka

Lgs aja, buka cheat engine dan tutorial.exe. Untuk tutorial exe :










Berdasarkan pengalaman penggunaan cheat, Darah atau health (HP/ hit point) sebuah character game biasanya disimpan di memory bertipe float.
Berhubung di Step 4 ini sudah diketahui jenisnya Health adalah float dan Ammo adalah double, ini memudahkan kita dalam mencari value yang ada. Saya yakin anda2 sekalian sudah bisa mengira-ira cara searching valuenya gmn (kalo belum tau, baca Tutorial part 1 dan part 2 dulu yaw). tapi untuk mencocokkan saja mari kita bahas :

  1. Tutorial diatas memerintahlan kita untuk mencari address nilai health dan nilai ammo setelah itu mengubah nilai keduanya menjadi 5000
  2. Seperti biasanya arahkan target cheatengine ke tutorial. Lalu lakukan searching.
  3. Yang pertama-tama kita mencari address untuk health, dengan cara melakukan searching awal (first scan) dengan nilai 100, scan type nya exact value, value typenya : float. Lalu klik first scan
  4. Sehingga tampil hasil searching awal sebagai berikut :
  5. Klik "hit me" yang ada disebelah "Health" pada tutorial.exe. 
  6. Setelah di klik "hit me" maka nilai yang tadinya 100 berkurang menjadi 96.83. Hasil ini mungkin berbeda dengan yang anda lakukan di PC anda, tapi jgn takut krn itu wajar. Lakukan searching lagi sesuai dengan hasil anda.
  7. Lakukan berkali-kali sampai mendapatkan 1 address yang merupakan tempat penyimpanan nilai health. Pada hasil saya address untuk health 000962DC. Spt biasa klik tanda untuk masuk ke menu editor.  Dan kita rubah nilai address tersebut menjadi 5000 sesuai dengan perintah tutorial.
  8. Health sudah kita rubah, lalu untuk selanjutnya kita cari address nilai Ammo dengan cara yang sama. Hanya berbeda pada searching pertama yaitu pada value typenya. Untuk ammo menggunakan value type : double. Untuk selebihnya sama.
  9. Kita lakukan searching awal untuk address ammo dengan value : 100, scan type nya : Exact value, dan value typenya : double. Lalu klok first scan, Spt yang tampak pada gambar dibawah :
  10. Untuk langkah selanjutnya kita klik "Fire"  yang berada di sebelah kata "Ammo" pada tutorial.exe.
    NB : Dalam game, kita bayangkan kita memiliki amunisi peluru sebanyak 100 buah, kita menekan "fire" berarti kita menembakkan peluru ke musuh, sehingga menyebabkan peluru berkurang. Nah, tujuan kita adalah menemukan address peluru supaya dapat kita ubah sesuai hati kita. (dalam tutorial kita disuruh mengubah banyaknya peluru menjadi 5000 buah).
  11. Nah dari sini 1 kali kita klik fire di tempat saya berkurang 0,5 sehingga ammo sisa 99.5 sehingga scan selanjutnya saya menggunakan 99.5
  12. Di PC saya, saya mendapatkan 1 address  yaitu 000962E0 untuk address Ammo. tinggal kita ubah valuenya menjadi 5000.... dan Akhirnya......... kita sudah bisa melangkah ke tutorial selanjutnya.
  13. Thx, klo gak jelas tanya di comment aja.

Tidak ada komentar: